Minggu, 30 Mei 2010

Pendahuluan

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Dewasa ini, perkembangan teknologi yang begitu pesat menginspirasikan banyak orang untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif untuk menciptakan usaha-usaha yang dapat meningkatkan derajat hidupnya sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu diantara perkembangan terknologi ini adalah layanan internet, dengan tersedianya layanan ini para pebisnis mencoba memanfaatkan layanan ini sebagai sebuah penghubung yang dapat memberikan nilai tambah bagi usaha yang didirikan, seperti halnya usaha laundry yang dulunya penawaran jasanya di lakukan melalui pamplet, brosur, dan surat sebaran. Meningkatknya kebutuhan masyarakat di dalam menjalani kehidupannya mengakibatkan sebahagian dari orang-orang melewatkan kegiatan-kegitan kecil yang mestinya harus dilaksanakan untuk mendukung aktifitasnya, dimana kegiatan kecil itu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi di dalam melakukan aktifitasnya

Dengan perkembangan teknologi informasi lewat layanan internet ini, masyarakat memperoleh banyak kemudahan di dalam mendapatkan informasi tentang usaha ini baik harga, waktu, produk yang dihasilkan dan berbagai informasi yang berhubungan dengan kegiatan bisnis.

Dalam kondisi yang seperti ini, pebisnis mencoba mencari solusi bagi masyarakat yang semakin sibuk dengan kegiatan, pekerjaan, karir tersebut, dengan menawarkan jasa lewat layanan internet. Melalui layanan ini pengusaha berharap bahwa tawaran jasa melalui internet merupakan salah satu peluang dengan perkembangan teknologi yang pesat, Oleh karena hal tersebut pelaku usaha mencoba untuk menciptakan usaha “Laundry Online” untuk membantu sebahagian dari kesibukan masyarakat, agar masyarakat lebih terfokus pada pencapaian kebutuhan yang lebih utama.

. Kegiatan tersebut adalah Mencuci Pakaian. Oleh karena hal tersebut sehingga timbul pemikiran-pemikiran kreatif di benak para pebisnis untuk mendirikan sebuah usaha yang berhubungan dengan Cucian . Usaha pencucian ini yang disebut “laundry” yang pada jaman sekarang ini sangat banyak digemari masyarakat baik para pekerja, mahasiswa, ataupun sebuah keluarga yang memiliki kesibukan yang mengakibatkan kegiatan mencuci tidak dapat dilaksanakan lagi.

Sehingga berdasarkan uraian diatas dapat dibuat arti penting dari studi kelayakan bisnis terhadap usaha ini, yaitu dapat memberikan gambaran tentang arus benefit dan biaya serta kemampuan menghasilkan persentasi keuntungan bersih rata-rata perbulanya selama umur ekonomis dari usaha yang didirikan ini.

B. GAMBARAN UMUM POTENSI USAHA

Kalau kita mencermati secara lebih mendetail mengenai kondisi perekonomian yang kurang stabil pada saat sekarang ini, maka apabila kita memposisikan diri sebagai pelaku usaha, maka yang akan telintas pertama kali di benak kita adalah mengenai bagaimana menciptakan sebuah unit usaha bisnis yang memungkinkan dan menguntungkan dalam jangka pendek dan jangka panjang sebagai tempat untuk melakukan investasi. Pemikiran yang kedua adalah dengan modal yang pas – pasan, produk apa yang akan kita produksi sehingga memunculkan permintaan di pasar dan dapat memberikan keuntungan bagi usaha yang didirikan. Kiranya pemikiran tersebut muncul ketika kita semua terhimpit pada kondisi ekonomi yang sulit.

Kita perlu untuk melakukan analisis mengenai hal – hal yang mungkin untuk melakukan usaha agar mampu memberikan manfaat ekonomi bagi kita, dengan berbekal pada kesibukan yang dialami oleh para pekerja, masyarakat maupun mahasiswa. Oleh karena itu, memungkinkan untuk terbukannya peluang dalam menjalankan usaha yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu bentuk usaha bisnis yang bisa dijalankan adalah dengan mendirikan usaha laundry online. Alasan mengapa usaha tersebut punya peluang karena banyak dari masyarakat kita yang dengan padatnya kesibukan sehari-hari membuat kegiatan kecil ini tidak dapat dilakukan lagi.

C. NAMA UNIT USAHA

Unit usaha ini diberi nama Lavendaria Just Clean dikarenakan bergerak dalam usaha Jasa yang ditawarkan lewat layanan internet juga melalui berbagai media lainnya seperti brosur, surat selebaran, maupun surat kabar.

Nama organisasi : Lavendaria Just Clean

Jenis Organisasi : Usaha Jasa

Pemilik : Bapak. Yakub Chan

Ibu. Fransisca Purba

Alamat : Jalan Harmonika no.4b

Pasar satu, Padang Bulan, Medan.

No Telp : +6288261646543.

+6281375280456.

D. LEGALITAS USAHA

Dari segi legalitas (keabsahan) usaha, unit usaha ini terdiri dari beberapa dokumen badan hukum, dalam melaksanakan usaha sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :

a. Tanda daftar perusahaan dan Surat ijin usaha.

Usaha “Lavendaria Just Clean” memiliki ijin usaha dari dinas perindustrian dan perdagangan dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha Jasa . Sesuai dengan UU no. 3/1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.

b. NPWP

Sebagai unit bisnis, kami juga mendaftarkan NPWP atas pendapatan usaha kami ke departemen perpajakan setempat. NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada unit usaha sebagai sarana administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi unit usaha dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

c. Ijin Domisili dan IMB

Karena unit usaha Lavendaria Just Clean ini didirikan di atas sebidang tanah, demi kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga mengurus perijian. Artinya bahwa kami melakukan pengalihfungsian bangunan yang semula adalah rumah biasa menjadi bangunan untuk tempat usaha. Selain itu juga kami melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk ijin domisili, karena nantinya selama usaha berlangsung beberapa karyawan kami akan ada yang tinggal dan menetap di tempat tersebut.

F. TINGKAT BALAS JASA

Tingkat balas jasa yang disediakan berupa :

1. Upah karyawan.

2. Biaya konsumsi selama bekerja.

3. Tempat penginapan.

4. Tunjangan kesehatan.

5. Cuti.

6. Jaminan sosial tenaga kerja.

7. Bingkisan THR.

G. TUJUAN DAN MANFAAT STUDI KELAYAKAN BISNIS LAUNDRY ONLINE.

Tujuan :

1. Untuk dapat mengetahui layak atau tidaknya usaha laundry online yang didirikan di jalan harmonika no.4b padang bulan medan.

2. Untuk dapat mengembangkan usaha atau diversifikasi usaha yang sudah ada.

3. Untuk dapat mengetahui bentuk usaha yang menguntungkan atau tidak, melalui studi kelayakan bisnis ini.

4. Untuk menambah wawasan tentang usaha laundry online, agar menjadi bisnis yang lebih baik di masa yang akan datang.

Manfaat :

1. Bagi pemilik usaha laundry agar lebih efektif atau efisien dalam pencapaian tujuan dari usaha yang dirikan. misalnya : biaya yang minimal dengan keuntungan yang lebih tinggi

2. Mempermudah konsumen didalam mendapatkan layanan jasa laundry.

3. Menambah lapangan pekerjaan yang baru.

4. Menambah penghasilan pemerintah melalui pajak dan mengurangi tingkat pengangguran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mengapa orang banyak melakukan laundry...?